Wednesday 11 April 2007

DEPARTEMEN TEKNIK INFORMATIKA ITB (IF ITB)

Nama diatas, saat ini, secara de jure bisa dibilang sudah almarhumah. Padahal tempat ini disinyalir merupakan tempat berkumpulnya lulusan SMA terpintar se-Indonesia – disamping FK-UI, setidaknya versi passing grade UMPTN/SPMB. Jangan pernah bermimpi untuk menjadi anggotanya lagi karena kalaupun memiliki klasifikasi sebagai lulusan SMA terpintar dan berhasil lulus SPMB, pasti ybs akan ditempatkan di STEI (Sekolah Tinggi Teknik Elektro & Informatika) terlebih dulu. Setelah setahun penuh berjibaku dan mendapatkan indeks prestasi kumulatif (IPK) yang bagus, barulah ybs punya kesempatan yang lebih besar untuk menjadi anggota reinkarnasi sang almarhumah; Program Studi Teknik Informatika. Hampir separuh semester-semester terakhir saya di kampus, bisa dibilang – dihabiskan di tempat ini, baik secara langsung atau tidak. Pindah dari satu user ID ke user ID lainnya.

Gedung IF termasuk salah satu gedung yang relatif baru di ITB. Pembangunan gedung ini dilaksanakan bersamaan dengan pembangunan gedung Farmasi, Elektro, dan Fisika Teknik. Keempat bangunan ini memiliki rupa fisik yang serupa, dan terkesan merupakan empat gedung kembar dengan atap khas gaya ITB. Atap ini, menurut cerita yang belum tentu benar, merupakan perpaduan antara arsitektur Minangkabau dan Batak. Hampir semua gedung di ITB memiliki gaya atap yang sama. Keempat gedung ini terletak di zona Transisi kampus. Kampus ITB sendiri terbagi menjadi tiga zona, yaitu zona Konservasi, zona Transisi, dan Zona Kontemporer dimana setiap zona ditandai dengan ciri arsitektur bangunan yang berbeda. Menurut cerita salah satu kawan pedagang asongan kampus, pembangunan keempat gedung ini dimulai pada tahun 1995; dulunya tanah dimana gedung-gedung ini berdiri ini merupakan lapangan yang kerap dipakai mahasiswa berolahraga. Saat itu, zona hijau bisa dibilang masih mendominasi kampus ITB dibandingkan saat ini.

Kembali ke laptop!!!, gedung IF terdiri atas 4 Lantai, setiap lantai dihubungkan melalui tangga dan lift. Tangga berhadapan dengan lift dan terletak dibagian tengah gedung, ruangan pada gedung ini terletak di koridor sebelah kanan&kiri lift dan tangga tersebut. Gedung ini memiliki empat buah laboratorium dasar (LabDas) – seingat saya – LabDas 1,2,3 terletak di Lt..4, sedangkan LabDas 4, terletak di Lt.2. Selain LabDas, terdapat juga lab-lab keahlian / profesi yang tersebar di lantai 2-4. Pada lt.2 terdapat jalur-semacam jembatan-yang menghubungkan gedung ini dengan gedung Teknik Fisika, TU juga terletak di lantai ini, sayangnya saya lupa dimana persisnya lokasi perpustakaan berada. Lantai 1 sendiri bukan sepenuhnya digunakan oleh dep IF, pada lantai ini terdapat ruangan FTI (Fakultas Teknolgi Industri);fakultas induk dari dep IF kala itu, sebuah ruang serba guna yang kerap digunakan secara bergantian oleh kepanitiaan acara-acara di kampus, juga terdapat musholla dan sekretariat dari Himpunan Mahasiswa IF yang terletak di depan kamar mandi lt.1, di ujung lantai ini;sebelah barat, terdapat kantin Borju, salah satu kantin yang harga makanannya terbilang mahal untuk ukuran kantin di ITB. Selain itu, gedung ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas zona hotspot sehingga kegiatan berinternet ria bisa dilakukan diluar ruang lab, memang merupakan fasilitas yang niscaya harus dimiliki oleh departemen ini untuk mendukung inti kegiatan perkuliahannya. Meskipun namanya sudah berubah, sepertinya irama hidup mahasiswanya tidak akan berubah banyak. Tetap dihiasi oleh tugas, tugas, dan tugas; baik itu tugas kuliah maupun kegiatan ekstakurikuler. Keep Fight !!!

1 comment:

Galuh S Indraprahasta said...

ngapain ngomongin IF Ndro